Dunia  

Inilah Sejarah dan Tema Hari Hutan Internasional 2023

Hari Hutan Internasional 2023

INFESTIGASI.COM – Hari Hutan Internasional diperingati setiap tanggal 21 Maret di seluruh dunia. Peringatan ini didedikasikan untuk mengedukasi tentang pentingnya mencintai hutan dan pepohonan serta menjaga hutan.

Mengutip laman resmi PBB, tema peringatan Hari Hutan Internasional pada 2023 yaitu “Hutan dan Kesehatan”. Tema ini mendorong agar individu, organisasi, dan pemerintah untuk mengambil tindakan untuk melindungi hutan, menanam pohon, mempromosikan pengelolaan hutan yang berkelanjutan dan mendukung inisiatif konservasi hutan.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 21 Maret sebagai Hari Hutan Internasional pada tahun 2012 untuk memperingati dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya semua jenis hutan.

Seluruh negara didorong untuk melakukan upaya menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan hutan dan pohon seperti kampanye penanaman pohon.

Hutan berperan penting untuk kelangsungan hidup yang ada di bumi, karena hutan menjaga keseimbangan ekosistem, mengatur iklim, menyediakan air bersih dan udara, serta mendukung keanekaragaman makhluk hidup. Hutan memberikan banyak hal untuk kesehatan kita seperti, membersihkan udara, menghasilkan oksigen,memurnikan air, menyediakan makanan dan obat-obatan.

Pengelolaan hutan yang berkelanjutan dan pemanfaatan sumber daya hutan merupakan kunci untuk memerangi perubahan iklim, serta kontribusi terhadap kemakmuran dan kesejahteraan generasi saat ini dan generasi yang akan datang.

Merayakan Hari Hutan Internasional menjadikan pengingat bagi seluruh orang akan tanggung jawab untuk melindungi dan melestarikan hutan, juga mengambil tindakan untuk memastikan bahwa hutan terus menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk keberlangsungan kehidupan.

Hutan juga berperan penting dalam pengentasan kemiskinan dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Terlepas dari semua manfaat ekologi, ekonomi, sosial dan kesehatan, hutan terancam punah akibat kebakaran, hama, kekeringan, dan deforestasi yang belum terjadi sebelumnya.