Sejarah Peringatan Hari Dermaga 2022

Sejarah Peringatan Hari Dermaga 2022

INFESTIGASI.COM – Peringatan Hari Dermaga tidak lepas dari sejarah keberadaan pelabuhan yang penting diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Sejarah ini menjadi titik awal pengembangan dan bahan pertimbangan untuk evaluasi pelabuhan masa mendatang.

Hal tersebut dikarenakan keberadaan pelabuhan di Indonesia telah mempengaruhi berbagai aspek dalam perkembangan wilayah baik ekonomi maupun kondisi sosial masyarakat. Hari Dermaga 2022 diperingati pada tanggal 17 Juni 2022.

Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai peringatan Hari Dermaga 2022 untuk memperingatinya. Harapannya perkembangan pelabuhan di Indonesia semakin maju dari waktu ke waktu.

Sejarah Peringatan Hari Dermaga 17 Juni 2022

Pelabuhan di Indonesia diperkirakan sudah ada sejak berdirinya kerajaan besar di Nusantara dimulai dengan bentuk infrastruktur yang relatif sederhana.

Beberapa lokasi pendaratan kapal kerajaan-kerajaan kuno Nusantara dipilih sebagai armada kapal Belanda yang terus berkembang hingga saat ini.

Peringatan Hari Dermaga 2022 juga memperingati pembentukan pelabuhan Tanjung Priok.

Dikutip dari buku Perencanaan Pelabuhan yang ditulis oleh Dyah Iriani & Fuddoly (2017: 2), pelabuhan Tanjung Priok awalnya merupakan pengembangan Pelabuhan Sunda Kelapa yang mulai di Bandung pada bulan Mei 1877 dan selesai di tahun 188 oleh maskapai pelayaran Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM).

Pelabuhan Tanjung Priok dibangun untuk menjadi pusat pengumpulan dan distribusi hasil bumi Nusantara menyaingi Singapura.

Pelabuhan Tanjung Priok merupakan salah satu contoh pelabuhan besar di Indonesia. Dermaga Indonesia telah menjadi sumber penghasilan dan sarana transportasi bagi sebagian penduduk sejak beberapa abad lalu.

Salah satu peran utama dermaga adalah sebagai gerbang utama transportasi dan perdagangan barang dan jasa.

Saat ini, dermaga atau pelabuhan juga menjadi pintu utama bagi turis, khususnya di Kepulauan Indonesia yang memiliki daya tarik pariwisata yang sangat besar.

Hari Dermaga 2022 diperingati dengan tujuan mengingat kembali arti pentingnya dermaga terutama bagi perekonomian bangsa Indonesia.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu. Selamat Hari Dermaga 17 Juni 2022!