oleh

Waspada Wartawan Muntaber

Dumai-infestigasi.com-Instansi pemerintah dan swasta di kota Dumai untuk waspada dan berhati-hati dengan ulah oknum yang mengaku wartawan.Banyak oknum wartawan pura-pura konfirmasi namun tidak menaikkan berita.Wartawan ini disebut Wartawan Muntaber dengan kepanjangan Wartawan Muncul Tanpa Berita.

Pantauan di lapangan, beberapa oknum wartawan dari luar daerah datang ke kota Dumai dengan sasaran instansi pemerintah dan swasta terutama ke kantor kecamatan, kelurahan serta ke sekolah- sekolah negeri.

Beberapa kepala sekolah sering mengeluhkan oknum wartawan yang kerap meminta uang, dengan modus menanyakan dana BOS, bahkan kedatangan oknum tersebut sering berulang kali dalam sebulan.Oknum tersebut tidak pernah menunjukkan berita hasil konfirmasi, hanya mengandalkan Kartu Pers.Sedangkan ke kantor pemerintahan dan swasta, oknum ini sering meminta uang dengan alasan uang minyak.

Di samping itu, trik oknum wartawan sebelum ke instansi yang di incar, terlebih dahulu membaca berita yang telah muncul di media tentang instansi tersebut, agar nanti ketika konfirmasi udah ada bahan apa yang akan di tanyakan.

Sesuai dengan ketentuan UU Pers, dan Peraturan Dewan Pers, Perusahaan Pers di wajibkan memberikan upah atau gaji kepada wartawan.Seorang Wartawan di wajibkan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan ( UKW ) yang di adakan oleh Dewan Pers.(ricky)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed