oleh

Komunikasi dan Kekuatan Media Bagi Kepala Daerah Tersangkut Hukum

Dumai-infestigasi-Ada sesuatu yang berbeda antara masing-masing kepala daerah di Riau yang tersangkut hukum dalam menyikapi pemberitaan media. Hal yang cukup menonjol adalah ketika KPK menggeledah rumah dinas Bupati Bengkalis Amril Mukminin pada tahun lalu dan di temukan uang miliaran rupiah.Pasca penggeledahan oleh KPK, media lokal Bengkalis hanya beberapa kali memberitakan, setelah itu bahkan berbulan-bulan pemberitaan tidak muncul.

Pendekatan yang di lakukan oleh pejabat humas dan dinas infokom kabupaten Bengkalis adalah kunci keberhasilan.Pejabat humas dan dinas infokom kepada kalangan awak media membangun komunikasi.Membangun komunikasi antara media dan Bupati Bengkalis, itulah jalan terbaik.Bupati Bengkalis Amril Mukminin juga tidak memilah awak media, semua di pandang sama.

Hal ini tampak berbeda jauh dengan Walikota Dumai Drs.Zulkifli,AS  yang kerap mendengar seorang dan 2 orang.Seolah orang tersebut di segani di kalangan pers di kota Dumai.Zulkifli,AS terkesan lepas tangan apabila ada informasi dan konfirmasi yang di ajukan awak media.Hal ini pernah di alami penulis ketika konfirmasi kepada Walikota Dumai Zulkifli,AS melalui SMS perihal kinerja pejabat terkait, namun langkah Zul AS adalah meneruskan SMS tersebut kepada pejabat tersebut.

Hal yang cukup menarik adalah ketika di konfirmasi kepada Zulkifli, AS bukannya menjawab konfirmasi, malah meneruskan SMS kepada pejabat terkait.SMS tersebut berantai kepada 2 pejabat lagi bahkan sampai kepada kekuatan lain di luar pemerintahan kota Dumai.Kekuatan lain tersebut bahkan menelpon, namun di jawab, bahwa konfirmasi yang di ajukan kepada Walikota Dumai Zulkifli,AS  adalah bagian dari tugas jurnalistik.

Dalam beberapa kali konfirmasi sejak 3,5 tahun Zulkifli, AS menjabat Walikota Dumai, tentang adanya dugaan mengatur penunjukan pemenang lelang. Zulkifli,AS selalu  membantah serta menjawab tidak terlibat mengatur lelang dan penunjukan langsung.

Zulkifli, AS mengganggap dan memandang lebih baik dekat dan merangkul kepada kekuatan lain dari pada merangkul media.(ricky)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed