Kapolda Riau Irjen Iqbal Terima Gelar Adat Datuk Wira Lela Setia Negeri

Dumai- Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal menerima gelar adat Datuk Wira Lela Setia Negeri yang di serahkan langsung  Lembaga Adat Melayu Riau Kota Dumai, Jumat (17/6/2022).Penabalan gelar adat di tandai dengan pemasangan tanjak oleh Ketua MKA LAMR Kota Dumai Datuk Seri Atan Ujang, sedangkan pemakaian selempang oleh Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar. Iqbal juga di pasangkan keris oleh Ketua DPH LAMR Kota Dumai Datuk Seri Syarudin Husin.

Datuk Seri Syarudin Husin mengatakan, bahwa penabalan gelar datuk ini sudah sesuai alur adat. Mantan Kapolda NTB itu layak mendapatkan gelar datuk dari Dumai yang bersifat amanah, teguh pendirian, dan terpercaya. “Setia amanah mengandung arti orang setia yang memegang sumpah setia untuk menaati nilai-nilai adat,” ujarnya.

Penabalan gelar itu juga berasal dari masukan tokoh adat Dumai. Seperti di ketahui, Iqbal sejak tahun 2003 ketika menjabat sebagai Wakapolres Dumai hingga menjadi Japolda Riau tetap menjalin silahturahmi kepada lembaga adat. “Kegiatan ini merupakan bentuk masyarakat Dumai mencintai dan menghargai kapolda Riau. Kami masyarakat Dumai mendukung kinerja Kepolisian Riau, khususnya Polres Dumai,”¬† ungkapnya.(s)