Kadisdik Riau Zul Ikram: PPDB SMA/SMK Se Riau Berjalan Lancar

  • Bagikan

Pekanbaru- Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMK/SMA se Riau berjalan lancar.Sekolah Negeri masih favorit di kalangan siswa.Walau sempat mengalami penundaan selama sepekan akibat kendala teknis dan anggaran, PPDB berjalan sukses.

Pengaduan masyarakat yang tidak puas terhadap hasil PPDB masih tetap ada. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Riau, Zul Ikram, SPd MPd mengatakan hal itu relatif standar.

Di antaranya, dari Kartu Keluarga (Kk) tidak ada, mendaftar tapi tidak keluar nomor notabene tidak memiliki bukti pendaftaran.Persoalan zonasi masih dominan dalam pengaduan, namun ini di selesaikan di masing- masing sekolah, ujarnya.

Mengenai siswa yang gagal masuk ke sekolah negeri, Zul Ikram SPd MPd menyarankan kepada masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di sekolah swasta.

Pada umumnya, lanjutnya, kualitas sekolah swasta cukup baik. Yang tidak di terima di sekolah negeri dapat memilih sekolah swasta yang di inginkan. Perbedaannya hanya pada masalah pembiayaan, sekolah negeri gratis dan swasta masih membayar, ungkapnya.

Zul Ikram SPd MPd pun mengakui keterbatasan daya tampung di sekolah negeri menjadi kendala menyusul jumlah siswa SMP yang lulus.

Di tempat terpisah aktivis pendidikan Propinsi Riau, Erwin Sitompul SPd, berpendapat sama dengan Kadisdik Riau bahwa secara umum pelaksanaan PPDB online tingkat SMK/SMA sederajat berjalan lancar. “Kalaupun ada kendala masih batas normal dan wajar”, jelasnya.(rh)

  • Bagikan