Hari Angkutan Nasional 2023, Ini Sejarah Peringatan 24 April

Hari Angkutan Nasional 2023

INFESTIGASI.COM – Hari ini, Senin 24 April 2023, diperingati Hari Angkutan Nasional 2023. Peringatan ini, untuk mengingatkan akan pentingnya transportasi umum dalam kehidupan sosial manusia.

Hari Angkutan Nasional 2023, mengingatkan juga akan pentingnya transportasi umum yang merupakan tulang punggung kehidupan karena menghubungkan tempat-tempat yang tak terhitung jumlahnya.

Dengan peringatan Hari Angkutan Nasional 2023 ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh pengetahuan tentang sejarah dan tujuan transportasi umum di Indonesia.

Terlebih, di Indonesia telah memiliki banyak transportasi umum ataupun angkutan yang digunakan dalam melakukan mobilitas perjalanan.

Lantas bagaimana sejarah dan tujuan dari Hari Angkutan Nasional ini? Berikut penjelasannya, sebagaimana MediaPriangan rangkum dari berbagai sumber.

Sejarah Hari Angkutan Nasional

Hari Angkutan Nasional pertama kali diperingati pada tahun 1946 setelah adanya Maklumat Menteri Perhubungan RI No.01/DAM/46.

Maklumat tersebut berisi keputusan penggabungan Djawatan Pengangkoetan dan Djawatan Angkutan Darat, yang menjadi Djawatan Angkaoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI).

DAMRI didirikan pada tahun 1943 di masa pendudukan Jepang dengan dua kendaraan, Unyu Zigosha yang menangani angkutan barang dengan kendaraan truk dan gerobak atau cikar.

Kemudian yang kedua Zidosha Sokyoko yang melayani angkutan orang menggunakan kendaraan mesin motor dan bus.

Setelah kemerdekaan Republik Indonesia, kedua institusi tersebut berganti nama. Unyu Zigyosha ppun berganti nama menjadi Djawatan Pengangkoetan.

Sementara Zidosha Sokyoko menjadi Djawatan Angkutan Darat. Namun hal itu tidak berlansung lama. Setelah Menteri Perhubungan mengeluarkan Maklumat tersebut.

Maklumat itu berisi keputusan penggabungan kedua Djawatanmenjadi DAMRI. Sejak itu diperingati Hari Angkutan Nasional setiap 24 April.

Tujuan Hari Angkutan Nasional

Tujuan diadakannya Hari Angkutan Nasional adalah untuk mengangkat perkembangan sejarah angkutan umum di Indonesia, serta mengajak masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

Selain itu, Hari Angkutan Nasional juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan transportasi umum sebagai solusi mengurangi kemacetan serta menjaga fasilitas umum yang ada.

Dengan peringatan Hari Angkutan Nasional, diharapkan masyarakat dapat memperoleh pengetahuan tentang sejarah angkutan umum di Indonesia serta saling menjaga fasilitas yang tersedia.

Perkembangan angkutan umum di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan sisi kenyamanan, keamanan, keselamatan bagi masyarakat, serta berdampak positif bagi kesehatan lingkungan.

Oleh karena itu, marilah kita peringati Hari Angkutan Nasional 2023 dengan penuh semangat dan penghargaan atas semua kontribusi yang telah diberikan oleh sektor ini.