Berita  

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023: Sejarah, Tema

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023

INFESTIGASI.COM – Hari Lingkungan Hidup diperingati setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup merupakan momentum penting untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Setiap tahunnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan mengusung tema tertentu dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup.

Tak terkecuali pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, terdapat tema perayaan yang mengandung makna dan harapan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berpartisipasi dalam perayaan ini, yaitu bisa dengan memahami sejarah dan tema, atau memasang twibbon saat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Berikut, detikSulsel telah merangkum sejarah, tema, dan link twibbon Hari Lingkungan Hidup dari berbagai sumber.

Sejarah Hari Lingkungan Hidup

Dikutip dari laman UNESCO, tahun 1972 menjadi titik balik perkembangan politik lingkungan internasional. Menyoroti isu-isu lingkungan pada saat itu, maka diadakan konferensi besar pertama yang dikenal Konferensi Stockholm tentang lingkungan Hidup.

Konferensi diadakan pada tanggal 5-16 Juni 1972 di Swedia. Konferensi dihadiri oleh 113 perwakilan negara anggota PBB serta anggota badan khusus.

Pada tanggal 15 Desember majelis hukum telah mengadopsi resolusi 2994 (XXVII) atau laporan mengenai lingkungan hidup. Sehingga pada saat itu juga ditetapkan tanggal 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Hasil penetapan tersebut mendesak pemerintah dan organisasi dalam PBB untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap tahunnya. Hal ini untuk meningkatkan kepedulian mereka terhadap pelestarian dan peningkatan lingkungan.

Penetapan momentum tersebut membuka pikiran dan perilaku yang bertanggung jawab setiap individu, perusahaan, dan komunitas lainnya. Sehingga dapat melestarikan dan meningkatkan lingkungan.

Berdasarkan hasil usulan konferensi yang dipimpin oleh PBB tahun 1972 ditetapkan Hari Lingkungan Hidup. Tanggal 5 Juni 1973 menjadi tahun pertama peringatan momentum tersebut.

Tema Hari Lingkungan Hidup 2023

Dikutip dari laman World Environment Day, peringatan Hari Lingkungan Hidup mengusung tema “Beat Plastic Pollution”.

Tema tersebut dalam bahasa Indonesia berarti “mengalahkan polusi plastik”, tentu tema ini memiliki makna dan harapan yang dalam.

Dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, diharapkan menjadi pengingat bahwa tindakan masyarakat terhadap polusi plastik sangat penting.

Perlu langkah lebih lanjut oleh pemerintah dan para pelaku bisnis untuk mempercepat aksi dan kembali dalam lingkar ekonomi.