Dumai  

1 September 2024 Hari Polwan Ke 76

1 September 2024 Hari Polwan Ke 76

INFESTIGASI.COM – Ada beberapa moment penting yang diperingati pada tanggal 1 September, Baik yang berskala Global Maupun Nasional.

Diantaranya, Hari Solidaritas Pengusaha Kecil di Rusia, Hari Pendidikan Nasional di Libya, Hari Perdamaian Dunia (World Peace Day). Sementara Di Indonesia Tanggal 1 September diperingati sebagai hari Polisi Wanita( Polwan).

Tanggai 1 September 2024 ini Merupakan hari Polwan yang ke 76. Yang lahirnya pada 1 september 1948. Dikutif dari Museum Polri, Sejarah Polwan terbentuk atas hasil dari Inisiatif organisasi wanita Islam di Bukit Tinggi yang mengusulkan kepada pemerintah agar wanita dapat ikut serta dalam pendidikan kepolisian.

Karena pada zaman itu Kepolisian Kesulitan dalam memeriksa Fisik Korban , Tersangka maupun saksi wanita dalam sebuah kasus.

Untuk diketahui sebelum tahun 1948 wanita tidak diperbolehkan mengikuti pendidikan kepolisian ataupun menjadi anggota polisi. Kala itu tugas polisi hanya dilaksanakan oleh laki laki.

Usulan dari Organisasi Wanita islam Bukti Tinggi ini kemudian disetujui oleh cabang Djawatan Kepolisian Negara Sumatera yang berkedudukan di Bukittinggi agar memberikan kesempatan kepada wanita pilihan untuk dididik menjadi polisi. Itulah cikal bakal sejarah diperingatinya Hari Polwan Indonesia 1 September setiap tahunnya.