Petahana Dumai Tidak Pernah Menjabat 2 Periode Berturut-Turut, Mitos Atau Fakta ?

Dumai-Petahana Dumai tidak pernah menjabat 2 Periode berturut-turut.Ada Interval waktu 1 Periode. Apakah ini Mitos atau Fakta ? Mari kita simak masa-masa Pemilihan Walikota Dumai lewat Pemilu.

Kilas balik perjalanan Pemerintah Kota Dumai, ketika pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai melalui pemilihan oleh Anggota DPRD Dumai Tahun 2000, Pemenangnya adalah Wan Syansir Yus yang berpasangan dengan Suarman.Wan Syamsir Yus – Suarman menang tipis  atas  Asmaran Hasan – Zulkifli AS.

Kemudian Pemilihan Walikota (Pilwako) secara langsung pada tahun 2005, Sebagai petahana Wan Syamsir Yus menggandeng Muklis Effendi, pesaingnya adalah Khairul Anwar – Zulkifli Ahad, kemudian Zulkifli AS – Sunaryo. Pemenangnya adalah Zulkifli AS – Sunaryo.Petahana Wan Syamsir Yus Kalah.

Pada Pilkada Dumai tahun 2010, Petahana Zulkifli AS kembali menggandeng Sunaryo sebagai Calon Wakil Walikota melawan Khairul Anwar-Agus Widayat, serta pasangan calon lainnya Herdi Salioso-Irba, pemenangnya Khairul Anwar-Agus Widayat.Petahana  Zulkifli AS-Sunaryo kalah.

Pemilihan Walikota (Pilwako)  Dumai tahun 2015, Petahana Agus Widayat sebagai Calon Walikota menggandeng Maman Supriadi bertarung dengan 4 Paslon lainnya di antaranya, Muhammad Ikhsan- Yanti Komalasari yang di usung Partai Golkar dan PKS. Zulkifli AS- Eko Suharjo yang di usung  Partai Nasdem, Gerindra, Demokrat dan PKB.Kemudian  Amris – Sakti dari Jalur Independen, Abdul Kasim – Nuraini dari Partai PAN, PBB,PKPI serta Agus Widayat-Maman Supriadi dari PDIP dan Hanura. Pemenangnya, Zulkifli AS – Eko Suharjo.Petahana Agus Widayat kalah.

Pilwako Dumai tahun 2020, Petahana  Eko Suharjo yang menggandeng Syarifah sebagai Calon Wakil Walikota. Peserta lainnya, H.Edi Sepen- Zainal Abidin kemudian Hendri Sandra- H.Muhammad Rizal Akbar.Beberapa pekan sebelum pencoblosan, Eko Suharjo Wafat karena sakit. Sehubungan, wafatnya almarhum Eko Suharjo, memudahkan langkah Paisal – Amris untuk menang.

Di Pilkada Dumai Tahun 2024 ini  Petahana H.Paisal kembali maju sebagai Calon Walikota dengan mengandeng Sugiyarto sebagai Calon Wakil Walikota. Peserta Paslon yang lain adalah Ferdiansyah – H.Soeparto atau yang akrab di panggil Pakde Parto serta paslon lainnya Eddy M Yatim – Almainis.

Pantauan di lapangan, 3 orang sosok ini sering di bicarakan dan di sebut – sebut masyarakat. Di urutan pertama adalah Pakde Parto lalu Ferdiansyah serta H.Paisal. Pakde Parto di kenal karena merakyat di kalangan masyarakat bawah atau Wong Cilik, berpenampilan sederhana, dermawan dan suka menolong serta mempunyai sosial yang tinggi. Lalu, Ferdiansyah, Anak Dumai Asli  menjadi Pengusaha dan menanjak menjadi Ketua Golkar Kota Dumai serta terpilih sebagai Anggota DPRD Dumai periode saat ini, tahun 2024-2029.Di urutan terakhir, H.Paisal, Walikota Dumai yang juga menjabat  Ketua Partai Nasdem Kota Dumai.

Nanti waktu yang akan menjawab, apakah petahana Dumai tidak menjabat 2 periode berturut-turut, Mitos atau Fakta ? (rh)