Hari Konservasi Alam Nasional 2024: Sejarah, Tema

Hari Konservasi Alam Nasional 2024

INFESTIGASI.COM – Hari Konservasi Alam Nasional diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Peringatan nasional ini dicanangkan untuk memperingati lahirnya konservasi alam di Republik Indonesia sekaligus mempromosikan pemanfaatan lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Lalu, bagaimana sejarah lahirnya Hari Konservasi Alam Nasional 10 Agustus? Simak juga serba-serbi Hari Konservasi Alam Nasional 2024.

Sejarah Hari Konservasi Alam Nasional

Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) diperingati setiap 10 Agustus berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009. Tanggal 10 Agustus ditetapkan sebagai Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) oleh Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hari Konservasi Alam Nasional telah diperingati sejak tahun 2009. Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) ini digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Konservasi Alam merupakan bagian dari pembangunan nasional yang berkelanjutan, harus terus dilaksanakan dan dipertahankan pada setiap upaya perlindungan sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, sebagai sistem penyangga kehidupan.

Dalam upayanya untuk memasyarakatkan konservasi alam secara nasional sebagai sikap hidup dan budaya bangsa, maka perlu ada momen untuk menjadi peringatan, sehingga ditetapkan Hari Konservasi Alam Nasional.

Hari Konservasi Alam Nasional memiliki logo peringatan yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri LHK No: SK.376/menhut-IV/201. Logo berbentuk bulat dengan background satwa orang utan, gajah, dan harimau ini selalu ada dalam setiap perayaan HKAN.

Tema Hari Konservasi Alam Nasional 2024

Dikutip dari akun Instagram HKAN @harikonservasialamnasional, tema Hari Konservasi Alam Nasional 2024 adalah “Youth For Sustainable Nature”. Puncak peringatan HKAN 2024 akan diselenggarakan di Boyolali, 29 Agustus 2024.