Ini Penampakan Pemasangan Jaringan Kabel Listrik Semrawut Pada Pembangunan Kantor Kejari Dumai

  • Bagikan

Dumai -Keamanan dan keselamatan yang sangat safety pada pembangunan  suatu gedung perkantoran yang bernilai besar harus memperhatikan faktor utama adalah instalasi listrik.Jika pemasangan jaringan instalasi listrik semrawut akan rawan terjadi hubungan arus pendek yang mengakibatkan potensi kebakaran.

Pembangunan kantor Kejaksaan Negeri Dumai yang di anggarkan melalui APBD Dumai tahun 2021 sebesar Rp 21.885.048.828 dengan kontraktor pelaksana PT. RSP perlu memperhatikan aspek keselamatan gedung terutama dalam pemasangan jaringan listrik.Data dokumentasi yang di peroleh pemasangan jaringan listrik di gedung baru Kejari Dumai terlihat kabel listrik tampak semrawut. Sedangkan pipa AC tidak di lapisi pembalut dari gulungan gabus.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang juga Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Dumai, Riau Satrya Alamsyah ST MT ketika di konfirmasi rabu (2/2/2022) pada kegiatan tersebut mengatakan dengan singkat, bahwa pipa yang nampak kecil adalah selubung (pipa listrik) sedangkan pipa yang tampak besar adalah kabel AC.

Dari cara kerja kontraktor yang memasang  jaringan kabel listrik terkesan mengabaikan SOP, seharusnya letak pipa listrik menyandar ke dinding  balok cor atau menempel dan menyandar ke tembok, agar kerja tampak rapi bukan melintang-lintang. Kalau kabel listrik melintang-lintang di bawah kabel akan terpasang plafon atau di atas plafon ada kabel listrik yang melintang-lintang. Karena sifat listrik adalah mengandung panas.Seyogyanya, jaringan kabel  listrik semua menempel atau menyandar ke balok dan dinding tembok agar tampak aman dan safety.

Cara kerja pemasangan jaringan kabel listrik yang menempel atau menyandar ke dinding akan mengeluarkan biaya besar karena akan memakai pipa/ selubung dan kabel yang sangat panjang. Dengan cara memasang kabel listrik yang melintang – lintang, kontraktor bisa menghemat biaya pengeluaran.Nah, sekarang bagaimana sebenarnya SOP pekerjaan pemasangan jaringan listrik pada pembangunan Gedung Kejari Dumai.Lihat lingkup pekerjaan dan denah/ gambar pemasangan jaringan listrik. Periksa Rincian Anggaran Biaya.Kalau tidak sesuai ya di bongkar kembali. (rh)

  • Bagikan