Dumai Tiru Nama Kota Idaman Dari Rantau Prapat

  • Bagikan

Dumai+ Julukan kota Dumai sebagai Kota Idaman meniru Kota Rantau Prapat, Ibukota Kabupaten Labuhan Batu provinsi Sumatera Utara yang telah berpuluh tahun memiliki julukan nama tersebut.Julukan kota Idaman untuk Kota Dumai di canangkan oleh Walikota Dumai H.Paisal semenjak memimpin tahun 2021.Bagi warga yang ingin ke kota Medan, ibukota  Sumatera Utara yang kerap bepergian melalui jalur darat pasti melalui Kota Rantau Prapat.Di tengah kota Rantau Prapat jelas terlihat tulisan Kota Idaman.

Apakah Walikota Dumai H.Paisal terinspirasi dengan julukan kota Rantau Prapat sebagai kota Idaman sehingga meniru julukan tersebut ? Apalagi setiap pergantian Walikota Dumai selalu berubah -rubah julukan untuk kota Dumai.Artinya, siapapun Walikota Dumai sesuka hatinya membuat julukan kota Dumai.Tidak ada suatu julukan nama yang melekat untuk kota Dumai. Almarhum Walikota Dumai H.Khairul Anwar SH pernah menyematkan Kota Dumai sebagai Kota Pengantin, singkatan dari kata Pelabuhan Perdagangan Tourism dan Industri.

Secara objektif, Rantau Prapat memang layak sebagai kota Idaman.Kotanya bersih, tidak ada sampah menumpuk di pinggir jalan, tidak terlihat tumpukan pasir di pinggir jalan ketika melintasi kota.Rantau Prapat pernah meraih Adipura di tahun 1995 dan 1996, serta tahun 2013 sebagai kota terbersih di Indonesia.Atas Anugerah Adipura, Pemerintah Daerah kabupaten Labuhan Batu membuat Tugu Adipura di tengah kota Rantau Prapat.

Tentu, beda halnya dengan kota Dumai, di mana sampah hampir di setiap sudut kota tampak menumpuk, pasir sepanjang jalan nampak terlihat jelas.Yang menjadi pemandangan yang lumrah di kota Dumai adalah jika hujan turun jalan di kota tampak banjir apalagi jika terjadi Pasang air laut, per 12 hari jalan di pemukiman masyarakat dan  di tengah kota banjir setinggi 30 cm.(rh)

 

  • Bagikan