Indeks

Contoh Susunan Acara Maulid Nabi 2023

Contoh Susunan Acara Maulid Nabi 2023

INFESTIGASI.COM – Contoh susunan acara Maulid Nabi berikut bisa dijadikan referensi bagi panitia pelaksana kegiatan, mulai dari pembukaan acara sampai penutupan.

Maulid Nabi adalah hari peringatan kelahiran Nabi Muhammad Saw yang jatuh pada 12 Rabiul Awal setiap tahunnya dalam kalender hijriah. Tahun ini, peringatan Maulid Nabi jatuh pada 28 September 2023.

Acara Maulid Nabi ini biasanya dirayakan seluruh umat Muslim dengan mengadakan berbagai kegiatan, mulai dari lomba-lomba keagamaan, tausyiah, pertunjukan nasyid, pembacaan Maulid Diba, sampai tablig akbar.

Supaya acara Maulid Nabi tersusun rapi dan berjalan lancar dari awal sampai akhir, panitia pelaksana perlu menyiapkan rundown atau susunan acaranya.

Tujuan Membuat Susunan Acara

Dirangkum dari buku Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan SMK/MAK Kelas XII (2021), berikut tujuan membuat susunan acara yang perlu diketahui.

1. Rangkaian acara jadi lebih teratur

Dalam rundown acara ditulis lengkap mengenai apa saja detail acara dan bagaimana nantinya acara itu akan berlangsung. Hal ini berguna agar tidak menimbulkan kebingungan saat acara berlangsung.

2. Menghemat waktu

Dengan memiliki susunan acara, penyelenggara acara jadi bisa menghemat waktu karena dalam rundown telah disusun dan sesuai dengan durasi yang telah direncanakan.

3. Mengoordinasikan panitia dan pengisi acara

Susunan acara yang tertulis rapi dan rinci dapat memudahkan koordinasi antara panitia dan pengisi acara.

Panitia jadi tahu kapan harus memberi tahu tamu untuk mulai mengisi acara, begitu juga pengisi acaranya jadi bisa mempersiapkan diri terlebih dulu.

4. Semua bagian menjadi terkoordinasi dengan baik

Tujuan berikutnya dari susunan acara yaitu semua panitia dan pengisi acara jadi tahu apa yang harus dilakukan berdasarkan isi rundown, sehingga semua bagian terkoordinasi dengan baik dan meminimalkan celah yang membuat acara menjadi kacau.

 

Exit mobile version