Indeks

Hari Nusantara 13 Desember 2023: Sejarah, Tujuan, Tema, dan Peringatannya

Hari Nusantara 13 Desember 2023

Selamat Hari Nusantara! Hari Nusantara diperingati setiap tahun pada tanggal 13 Desember. Tahun ini, Hari Nusantara kembali diperingati pada Rabu (13/12/2023).

Peringatan Hari Nusantara berkaitan dengan lahirnya Deklarasi Djuanda yang menjelaskan tentang wilayah kedaulatan laut Indonesia. Lantas, bagaimana sejarah peringatan Hari Nusantara?

Simak ulasan sejarah, tujuan, tema, hingga peringatan Hari Nusantara 2023 berikut ini.

Sejarah Hari Nusantara

Hari Nusantara bertujuan memperingati lahirnya Deklarasi Djuanda. Dilansir dari situs resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Deklarasi Djuanda berisi tentang wilayah kedaulatan laut Indonesia. Disebutkan, “Bahwa semua perairan di sekitar, di antara dan yang menghubungkan pulau-pulau yang masuk daratan NKRI adalah bagian-bagian yang tak terpisahkan dari wilayah yurisdiksi Republik Indonesia”.

Usulan Indonesia tentang Deklarasi Djuanda sempat ditolak oleh dunia internasional pada Konvensi PBB ke-1 tentang Hukum Laut di Jenewa pada Februari 1958. Deklarasi Djuanda baru berhasil diresmikan melalui Undang-Undang/Prp No.4/1960 pada Konvensi PBB ke-2 (April 1960) tentang Hukum Laut.

Usaha Pemerintah Indonesia awalnya belum mencapai kesepakatan oleh negara lain. Meski demikian, pemerintah Indonesia tetap menjalankan Undang-undang/Prp/ No.4/1960 dan membuat aturan turunannya yaitu Peraturan Pemerintah No.8/1962 tanggal 25 Juli 1962. Aturan tersebut untuk mengatur lalu lintas laut damai bagi kendaraan air asing yang melalui perairan Nusantara Indonesia.

Selanjutnya, lahir Keppres No.103/1963 yang menegaskan bahwa seluruh perairan Nusantara Indonesia sebagai satu lingkungan laut berada di bawah pengamanan Angkatan Laut Republik Indonesia. Deklarasi Djuanda juga dipertegas kembali dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1985 tentang Pengesahan UNCLOS (United Nations Convention On The Law of The Sea) 1982 bahwa Indonesia adalah negara kepulauan.

Pada 11 Desember 2001, Presiden RI Megawati Soekarnoputri menerbitkan Surat Keputusan Presiden Nomor 126 Tahun 2001. Surat tersebut menetapkan tanggal 13 Desember sebagai Hari Nusantara.

Tujuan Hari Nusantara

Dilansir dari laman esdm.go.id, Hari Nusantara memiliki empat tujuan utama, yakni:

Mengubah mindset bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan ruang juang dari matra darat menjadi matra laut (berimbang).
Menjadikan bidang kelautan sebagai arus utama atau mainstream pembangunan nasional.
Menghasilkan model pembangunan terintegrasi bagi kepulauan terluar dan atau terpencil.
Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mampu mengelola potensi sumber daya laut untuk kesejahteraan masyarakat dan disegani dunia.

Tema dan Hari Nusantara 2023

Hari Nusantara 2023 mengangkat tema bertajuk “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah.” Tema mengandung harapan agar posisi Tidore sebagai tempat pemusatan peringatan Hari Nusantara bisa kembali terangkat. Diketahui, Tidore dikenal sebagai pusat rempah-rempah seperti cengkeh pada dekade 60-70an.

Peringatan Hari Nusantara 2023

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia menetapkan peringatan Hari Nusantara 2023 akan dipusatkan di Kota Tidore, kepulauan Maluku Utara.

Dilansir dari laman resmi dephub.go.id, peringatan Hari Nusantara 2023 akan diisi oleh serangkaian acara yang didukung oleh Pemerintah Derah, TNI/Polri, dan masyarakat setempat. Rangkaian acara akan dimulai sejak tanggal 10 Desember 2023 dan puncak peringatan akan berlangsung pada tanggal 13 Desember 2023.

 

Exit mobile version